Pokja Pendidikan KBN

Agustus 20, 2007 at 2:24 am Tinggalkan komentar

Kelompok Kerja Pendidikan melakukan inventarisasi program dan kegiatan pendidikan ’bioetika’ di tingkat perguruan tinggi, khususnya di Fakultas Kedokteran. Karenanya, sementara ini tidak dibedakan antara pendidikan bioetika dan pendidikan etika kedokteran (medical ethics) atau kelak mungkin juga antara pendidikan bioetika dan pendidikan etika lingkungan untuk sarjana non-kedokteran di bidang-bidang Ilmu Pengetahuan Alam (hayati dan non-hayati), Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan, dan Ilmu Pengetahuan Teknik.

Prof. Soenarto Sastrowiyoto (FK UGM), yang memimpin pokja ini, mengikuti perkembangan pendidikan ini di dunia internasional, dan memajukan program ini di FK UGM. Khusus untuk FK UGM telah disusun program S2 di bidang Bioetika. Prof Soenarto mengikuti dari dekat kegiatan yang menyangkut pendidikan bioetika, dari sejak lama, terutama karena perannya sebagai anggota Inter-governmental Bioethics Committee (IGBC) UNESCO (2003-2006).

Pada saat ini telah dikembangkan studi-kasus oleh WHO (World Health Organization) untuk kepentingan pendidikan Bioetika kepada mahasiswa kedokteran. Melalui pertemuan konsultasi mengenai Ethics Teaching : UNESCO Ethics Consultation Meeting1, Indonesia memberi masukan mengenai perkembangan ini ke forum yang membahas draft Core Course in Bioethics for Medical Students.

Saat ini pengembangan model pendidikan bioetika diarahkan untuk mahasiswa Fakultas Kedokteran, baik oleh WHO maupun UNESCO. Dengan perkembangan pesat di bidang ilmu hayati dan ilmu-ilmu dasar lain diharapkan model ini akan memberi petunjuk pengembangan model untuk kelompok lain.

Secara inisiatif perorangan, melalui Proyek di lingkungan Ditjen Dikti, Dr. H. Muhammad Zaini, MPd dkk di Universitas Lambung Mangkura, Banjarmasin, melakukan kegiatan Memanfaatkan Metode Debat secara Formal untuk Mengoptimalkan Pemahaman Bioetika pada Pembelajaran Materi Kesehatan Reproduksi Siswa Kelas XI MAN I Banjarmasin (2006). Sepanjang tahun 2006, juga dilakukan kunjungan terbimbing bagi Guru-guru IPA di kawasan Jabodetabek oleh Tim dari KBN disertai pengenalan etika kedokteran, etika lingkungan, bioetika dan masalahnya di Indonesia. Kunjungan ini dapat menjadi pendekatan yang efektif untuk menjangkau anak didik di pendidikan Menengah Pertama, Dasar, dan TK.[ahn0807]

Entry filed under: General. Tags: .

Guru Besar di Universitas Indonesia Pelantikan anggota baru

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


Profile

Counter

  • 3,269 hits
Agustus 2007
S S R K J S M
« Mei   Okt »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

%d blogger menyukai ini: